Tips Memijah/Budidaya ikan Guppy Agar sukses

Budidaya Ikan Guppy – Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak sekali diminati oleh mereka penghobby ikan hias, dikarenakan perawatan ikan ini yang tergolong mudah serta warna- warni ikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang suka dengan ikan berwarna cerah. Tidak hanya itu saja ikan guppy juga sangat cocok di jadikan hewan air untuk aquascape, harga ika guppy dipasaran sangat murah dan tergolong ikan yang mudah di dapat, namun beberapa jenis ikan guppy memiliki harga yang mahal pula tergantung dari jenis dan asalnya. melihat peluang ini banyak orang mulai tertarik untuk membudidayakan ikan ini sebagai peluang usaha untuk meraup keuntungan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Tips memijah/Membudidayakan ikan guppy agar sukses dengan beberapa kiat yang sudah di rangkup dari beberapa sumber terpercaya.

Memilih Indukan Jantan dan Betina Ikan Guppy

Dalam memilih indukan ikan guppy untuk masuk ketahap pemijahan, sebaiknya pilihlah indukan jantan dan betina yang sehat, dapat dikenali dengan warna ikan cupang yang segar dan juga gerakan lincah pada ikan ini menjadi ciri yang mudah dikenali oleh orang awam untuk melihat ikan guppy yang sehat. Selain itu nafsu makan ikan juga menjadi ciri utama yang dapat diperhatikan. Ikan guppy jantan biasanya memiliki warna yang lebih cerah serta bentuk yang cantik dengan ekor yang mencolok menyerupai kipas, sedangkan ikan guppy betina biasanya memiliki bentuk yang lebih besar dari pejantan dengan bagian perut yang mengembung, tanda ini menjadi ciri utama bahwa ikan guppy betina siap untuk masuk ke tahap pemijahan, untuk lebih jelasnya dalam melihat perbedaan serta ciri ikan guppy jantan dan betina dapat melihat gambar di bawah ini.

ikan guppy jantan

Gambar : ikan guppy jantan

ikan guppy betina

Gambar :ikan guppy betina

Persiapan Tempat pemijahan ikan guppy

sebelim memasuki tahap pemijahan telebih dahulu kita menyiapkan ruangan atau tempat pemijahan ikan guppy sebagai tempat dimana peroses perkawinan ikan akan berlangsung nantinya, maka dari itu sebaiknya siapkan terlebih dahulu aquarium bekas atau toples berukuran besar , anda juga dapat menggunaan ember bekas sebagai media ini, dengan air diisi secukupnya dan bila memungkinkan berilah tanaman air berupa eceng gondok agar tempat pemijahan semakin nyaman. Jika dirasa sudah cukup baik, jangan lupa menempatkannya di daerah atau tempat yang jauh dari kebisingan.

Proses Pemijahan Ikan guppy

Dalam proses pemijahan masukkan 1 ekor ikan betina dan 3 atau lebih ikan guppy jantan dalam tempat pemijahan dan tunggulah sampai beberapa hari sehingga tampak indukan betina memiliki perut yang semakin gemuk dengan tampak dari luar ikan anakan guppy, biasanya dalam proses melahirkan ikan guppy betina akan memakan anakannya hal ini yang perlu diperhatikan sebab jika proses ikan guppy melahirkan sudah selesai pisahkanlah indukan dengan anakan untuk menghindari sifat kenibalisme induk terhadap anakan guppy.

Pakan burayak atau anakan Guppy

Guppy yang bearu dilahirkan dalam 1-2 hari masih memiliki pasokan makanan dalam tubuh mereka dan tidak perlu diberi makan, setelah 1-2 hari kita dapat memberi pakan berupa kutu air atau artemia sebagai makanan utama dari anakan ikan ini, untuk anda yang merasa sulit mendapatkan pakan tersebut dapat juga memberi makan berupa microworm yang banyak di jual di toko khusus penjual pakan ikan hias. Selamat mencoba Budidaya ikan guppy

Simak Juga : Bisnis Ikan Guppy Raup Keuntungan Berlimpah

Tips Memijah/Budidaya ikan Guppy Agar sukses | PILAT GEDE | 4.5